Masjid Harakatul jannah

Masjid Harakatul Jannah, Tongkrongannya yg mirip Masjid Taj Mahal di Agra India, menjadikan masjid ini juga dijuluki “Taj Mahal Indonesia”. Masjid ini berada di lokasi sangat strategis, posisinya berada di pertigaan Gadog atau berada di simpangan traffic light setelah keluar pintu tol Jagorawi arah puncak. Di samping jalan itulah sebuah masjid yang mengandung makna gerakan surga berdiri kokoh dan megah.

Keindahan masjid ini akan langsung terlihat ketika berada di Jalan Raya Gadog. Sebuah kubah berukuran besar menyerupai bangunan kubah Taj Mahal di India begitu mencolok pandangan. Kubah besar itu berada di sisi bagian tengah bangunan masjid, kubah ini menjadi kubah utama. Bentuknya menyerupai bawang dengan sisi bawahnya berbentuk silinder. Selain kubah utama tadi, masjid ini memiliki enam kubah yang berukuran lebih kecil, semua kubah itu terbuat dari bahan tembaga. Untuk menampilkan keindahan, pada bagian luar kubah ini dihiasi ornamen-ornamen bintang bersegi delapan yang dihadirkan dalam bentuk emboss (menonjol). Sementara untuk tutupan kubahnya, berbentuk bunga teratai dengan tiang yang memiliki pucuk bulan sabit.

Model pucuk kubah semacam ini cukup banyak ditemukan di sejumlah masjid di negeri ini. Jika membuka lembaran sejarah maka desain kubah masjid semacam itu terinspirasi modelnya dari masa kejayaan Turki Usmani. Motif anyaman di lantai pun mengandung makna sebuah persaudaraan. Pesan yang dihadirkan di sini adalah ikatan ukhuwah Islamiyah. Sedangkan bentuk segi delapan menggambarkan lambang hukum Islam, Amar Ma’ruf Nahi Munkar dan jihad fisabilillah.

Gallery Masjid Harakatul Jannah

Close Menu
error: Content is protected !!